Sampah

Buanglah sampah pada tempatnya!

Sering denger kalimat itu kan ya? rolleyes Sepertinya biasa-biasa saja. Hmm… sepadanlah dengan ‘Jagalah kebersihan!’. Saya yakin Anda semua tidak asing lagi dengan kalimat-kalimat perintah seperti itu, sudah di luar kepala lah. Saking tidak asingnya lagi sampai (bahkan mungkin) tak dihiraukan oleh sebagian orang.

Andai saja tingkat kesadaran dan kepekaan semua orang sama, pastilah dunia ini lebih indah dan teratur (haha ngayal). Sampah adalah bagian kecil dari kehidupan  kita sehari-hari. Bagian kecil yang terkadang banyak disepelekan, padahal kita tahu sampah tsb. bisa menyebabkan bencana. Pernahkah Anda dalam sehari tidak membuang sampah? Mari renungkan. Kalau saya akan menjawab: tidak. Sudah tentu hidup seharian 24 jam saya pasti punya sampah untuk dibuang, entah plastik kecil bekas permen lah, tissue lah, kertas lah, dsb.

Nah, pertanyaan berikutnya adalah ke mana Anda membuang sampah tersebut? Pada tempatnya dong, sesuai kalimat perintah di atas. Oke tempatnya itu dimana? Excellent! Bener banget, tempat sampah. Sampah juga punya tempat lho. mrgreen

Saya seringkali prihatin manakala melihat seseorang tanpa pikir panjang buang sampah begitu saja seenaknya, contohnya seorang bapak-bapak sedang menunggu bis di halte sambil menghisap Djarum Black, beberapa saat kemudian bisnya datang sehingga untuk segera naik spontan saja si bapak berhenti merokok lalu melempar sisa puntung yg masih menyala itu tidak jauh dari tempatnya berdiri menunggu bis tsb.  (aduh pak puntungnya masih nyala tuh, bahaya). Ya, seringkali saya lihat hal semacam itu dan masih banyak lagi semisal bungkus makanan yang dibuang sesuka hati, plung… dilempar begitu saja. Ah menyedihkan.😦

Ayolah teman, membuang sampah pada tempatnya itu kebaikan kecil tapi efeknya sangat luar biasa. Sampah sekecil apapun. Buang kemasan plastik permen sehari satu saja kalau dilakukan berulang kali dan terus menerus maka akan menjadi sampah besar dan bencana besar. Ini hanya soal kebiasaan. Kalau terbiasa tidak membuang sampah sembarangan, maka dimanapun dan kapanpun sampah yg ada pastilah dibuang ke tempatnya. Kalau gak nemu tempat sampah? Kantongin aja dulu sampahnya atau siapin selalu kantong keresek di tas buat nampung sampah, terus kalo udah nemu tempat sampah buang deh tuh. Gampang kan hehe.

Bersih itu indah dan nyaman lho. Stop global warming and heal the world. Bumi planet tempat tinggal kita ini adalah tanggung jawab kita semua. Yuk buang sampah ke tempatnya. wink

“Sesungguhnya Allah baik dan menyukai kebaikan, bersih dan menyukai kebersihan, murah hati dan senang kepada kemurahan hati, dermawan dan senang kepada kedermawanan. Karena itu bersihkanlah halaman rumahmu…” (HR. Tirmidzi)

2 Comments

  1. Kita sebaiknya saling mengingatkan untuk tidak mebuang sampah sembarangan
    Mari kita peduli lingkungan
    Lingkungan yang bersih maka manusia pasti sehat
    Sehat itu adalah bagian dari iman

    • Setujuuu! Mari saling mengingatkan. InsyaAllah mengingatkan dalam hal kebaikan akan selalu mendapatkan ridho Allah dan dipermudah olehNya. aamiin.
      Terimakasih atas kunjungan serta responnya. ^^


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s