Belajar Jarak Jauh, Why Not?

Belajar adalah aktifitas sepanjang hayat. Hal itu mengingatkan saya kepada seorang dosen yang pernah berpesan kurang lebih intinya adalah: “orang yang sudah tidak mau belajar bukanlah orang hidup.” dan itu merupakan pertemuan pertama dalam mata kuliah umum sekaligus pula pertemuan terakhir karena beberapa hari tidak berapa lama setelah pertemuan tersebut, beliau dipanggil ke rahmatullah cry. Maka pesan itulah yang sampai saat ini masih sangat saya ingat dan insyaAllah tidak akan pernah saya lupakan seumur hidup. Benar apa yang beliau (almarhum) ucapkan karena setiap harinya hidup ini penuh pembelajaran bagi orang-orang yang berpikir.

Siapapun bisa belajar dimanapun dan kapanpun. Jarak bukanlah menjadi halangan, begitupun waktu takkan merintang jika tekad sudah bulat dan hati sudah mantap untuk selalu menimba ilmu. Semantap langkah seorang finalis Blackinnovationawards mengikuti kompetisi berinovasi adu kreatifitas yang memang tidak mudah ๐Ÿ˜‰ .

Untuk itulah Universitas Terbuka (UT) hadir di tengah-tengah dunia pendidikan Indonesia memberikan peluang kepada siapapun yang hendak melanjutkan kuliah tanpa ada pembatasan jarak dan waktu. Pendaftaran menjadi mahasiswa dibuka sepanjang masa. Untuk semester genapย  tahun 2010 ini, UT telah membuka pendaftaran sejak tanggal 15 Januari 2010 kemarin hingga 1 Maret 2010 nanti.

Saya cukup lama vakum dari dunia pendidikan karena memang tulisan takdir mengalihkan saya darinya. Tapi alhamdulillah setelah kevakuman tersebut, akhirnya saya pun insyaAllah akan segera mengikuti kegiatan kuliah di Universitas Terbuka UPBJJ (Unit Program Belajar Jarak Jauh) Bogor mulai semester genap tahun 2010 ini. Motivasi untuk melanjutkan kembali kuliah datang dari orang-orang terdekat yg saya sayangi, baik secara langsung maupun tidak langsung. Mereka adalah orang-orang yang berperan penting dalam hidup saya. Ya walaupun mimpi saya bukan seperti ini, tapi inilah jalan hidup. Allah lebih tahu apa yang terbaik untuk hamba-Nya dan saya yakin inilah jalan yang sudah digariskan-Nya. Semua harus dan akan saya tempuh dengan melakukan yang terbaik seoptimal mungkin untuk meraih yang terbaik. Dan di Universitas Terbuka inilah saya ditunjuk untuk belajar (secara formal) sebagai jembatan dalam meraih mimpi-mimpi saya yang lain, insyaAllah, aamiin.

Setelah mencari informasi tentang perkuliahan di UT, ternyata sistemnya adalah belajar mandiri didukung media-media penunjang seperti buku dan tutorial online. Tutorial tatap muka dengan dosen diadakan jika mahasiswa mengajukan dan tentunya dibebani biaya untuk setiap tutorialnya. Menurut saya, kuliah di UT ini hampir persis seperti homeschooling. Oleh karena itu, UPBJJ-UT di setiap daerah benar-benar mewakili dalam menjadi penghubung antara mahasiswa dengan segala hal mengenai perkuliahan di UT. Nah untuk lebih jelasnya jika teman-teman penasaran atau bahkan tertarik, berikut ini brosurnya saya tampilkan. Kalau ingin lihat dalam ukuran normal, silakan klik pada gambarnya atau klik kanan lalu pilih view image dan kalau mau download tinggal klik kanan dan pilih save image as lalu silakan beri nama serta simpan gambar brosurnya dengan memilih save.

Untuk informasi lebih lanjut silakan datangi kantor UPBJJ setempat atau buka situsnya di www.ut.ac.id. Semoga bermanfaat.

Belajar jarak jauh, kenapa tidak? :mrgreen:

3 Comments

  1. Pendidikan jarak jauh kalo ditekuni dengan baik hasilnya oke banget. Lanjutkan! ๐Ÿ™‚

    • Benar sekali, terima kasih banyak. Semoga memotivasi saya untuk belajar lebih giat dan keinginan saya untuk lulus lebih cepat dengan hasil yang memuaskan serta optiman juga mudah2an tercapai. Aamiin…
      Siap lanjutkan!!! ๐Ÿ˜‰

  2. thanks, jadi pengen ikut nich,,,
    hatur nuhun euy…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a comment